Home / Uncategorized / Surakarta Pertimbangkan Beralih ke penerangan jalan umum pembangkit listrik tenaga surya serta tenaga surya listrik tenaga surya

Surakarta Pertimbangkan Beralih ke penerangan jalan umum pembangkit listrik tenaga surya serta tenaga surya listrik tenaga surya

Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, mengkaji kemungkinan beralih menggunakan penerangan jalan umum bertenaga surya, karena dinilai lebih hemat.Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surakarta Satryo Teguh Subroto mengatakan di kota itu terdapat 16.000 titik penerangan jalan umum. Dengan jumlah tersebut rekening listrik yang harus dibayar kepada PLN mencapai Rp2,2 miliar.

“Dengan menggunakan penerangan jalan umum tenaga surya, biaya itu bisa dihemat. Apalagi kalau 16.000 titik itu sudah pakai solar cell semua,” jelas Satryo, Selasa (9/4).

Namun, Satryo mengakui tidak mudah untuk mewujudkan rencana itu. Kendala utamanya adalah masalah pendanaan. Untuk membangun satu titik penerangan jalan umum tenaga surya dibutuhkan biaya Rp22 juta.

Tetapi, lanjutnya, biaya itu lebih murah jika dibandingkan dengan manfaat jangka panjang yang akan didapatkan. Sebab, usia penerangan jalan umum yang memanfaatkan tenaga surya bisa mencapai 25 tahun. “Ini efisiensi, bisa menghemat Rp2,2 miliar per bulan selama 25 tahun,” katanya.

Selain itu, penggunaan tenaga surya bisa ikut mengurangi beban listrik PLN yang secara tidak langsung akan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM). (Ferdinand)

Editor: Patna Budi Utami

About rielloaros

Check Also

Paket pompa air tenaga surya PS 200

Paket pompa air tenaga surya PS 200 dengan standart sederhana sangat cocok untuk skala rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>